Classification | 004 |
Title | ANALISA PERILAKU MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN JARINGAN INTERNET KAMPUS MENGGUNAKAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) (STUDI KASUS MAHASISWA UNISBANK) |
Edition | |
Call Number | PD/032/2013 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Purwatiningtyas, M.Kom Felix Andreas Sutanto, M.Cs |
Subject(s) | |
Series Title | GMD | Penelitian Dosen |
Language | Indonesia |
Publisher | |
Publishing Year | 2013 |
Publishing Place | |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Pemanfaatan internet di universitas tidak lagi hanya terkait dengan proses belajar di laboratorium saja. Internet sudah menjadi salah satu prasarana untuk mendukung semua proses yang terjadi di universitas mulai dari pengajaran sampai administrasi. Dan ketersediaan internet sudah merupakan hal yang mutlak dan harus ada saat ini untuk sebuah universitas. Salah satu model yang cukup terkenal dan sering digunakan oleh peneliti dalam usaha menggambarkan bagaimana penerimaan pengguna / user terhadap teknologi informasi adalah Technology Acceptance Model (TAM) atau model penerimaan terhadap teknologi. TAM merupakan sebuah model yang diusulkan oleh Davis pada tahun 1986. Dan model ini sudah terbukti secara teoritis mampu membantu peneliti dalam menjelaskan dan memprediksi tingkah laku pengguna teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi yang mengambil mata kuliah praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor kemudahan menggunakan (perceive of use) dan kemanfaatan teknologi (perceive usefulness) dalam penggunaan teknologi dapat diterima oleh mahasiswa Universitas Stikubank. Hal ini ditunjukkan oleh hasil regresi yang semuanya signifikan, dibawah 0,05 atau dengan tingkat signifikansi 5% Sedangkan dari variable sikap (Attitude toward) tidak memediasi. Kata Kunci : percive of use, percive usefulness, attitude toward, behavior intention to use, TAM (Technology Acceptance Model). |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |