Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Collection Type : Location :
Sekilas Perpustakaan

Perpustakaan Unisbank mempunyai 2 gedung perpustakaan yaitu :

License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

Classification 340
Title PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA SEMARANG DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN
Edition
Call Number PD/042/2013
ISBN/ISSN
Author(s) Rudi Himawan, SH, MHum
Adi Suliantoro, SH, MH
Subject(s)
Series Title
GMD Penelitian Dosen
Language Indonesia
Publisher
Publishing Year 2013
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Praktek perdagangan dalam dunia usaha selalu memunculkan kemungkinan persaingan tidak sehat dari para pelakunya. Adanya persaingan sehat seringkali mewarnai hubungan hukum antara produsen dan konsumen. Praktek perdagangan seperti promosi atau periklanan ada kalanya menimbulkan pencitraan atas produk barang atau jasa untuk menarik minat konsumen. Hak dan tanggung jawab perusahaan kepada konsumen merupakan perwujudan tata kelola yang baik dalam dunia usaha. Setiap konsumen yang dirugikan dapat menggugat pelaku usaha dengan cara melalui pengadilan atau di luar pengadilan. Tata cara mengajukan sengketa konsumen di luar pengadilan dapat diajukan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Hal tersebut yang melatarbelakangi diadakannya penelitian dengan judul : “PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA SEMARANG DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN”, dan rumusan permasalahan : 1) Bagaimana peran BPSK kota Semarang dalam menyelesaikan sengketa konsumen; dan 2) Faktor apa yang menjadi penghambat pelaksanaan BPSK kota Semarang dalam menyelesaikan sengketa konsumen?, serta 3) Bagaimana cara BPSK kota Semarang untuk mengatasi hambatan – hambatan tersebut?. Penelitian yang dilakukan ini, metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan pendekatan yuridis normatif dan bersifat deskriptif analisis yaitu suatu metode pendekatan dengan cara meneliti bahan pustaka yang menggunakan data sekunder dan teori – teori yang peneliti dapatkan dari berbagai literatur kepustakaan arsip atau dokumen serta menggunakan data empiris yang ada dalam BPSK Kota Semarang selaku pihak yang menyelesaikan sengketa antara produsen dan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran BPSK Kota Semarang dalam menjalankan fungsi perlindungan konsumen terhadap kasus yang sedehana BPSK Kota Semarang menggunakan metode penyelesaian yang mengarahn pada penyelesaian secara konsulisasi, kemudian dalam kasus sengketa yang kompleks dan rumit akan menerapkan metode penyelesaian sengketa melalui mediasi maupun arbitrase. Hambatan yang timbul adalah tidak pro aktifnya konsumen dalam mengawal kasusnya; pelaku usaha tidak mengindahkan panggilan BPSK; dan sikap pelaku usaha yang tidak kooperatif. Untuk mengatasi hambatan tersebut diterapkan cara pemanggilan konsumen dengan surat panggilan Sekertariat BPSK jika tidak datang pengaduan dianggap gugur, pemanggilan pelaku usaha dilakukan secara patut 3 (tiga) kali panggilan, jika tidak datang maka gugatan konsumen akan dikabulkan dan dilakukan pelaporan ke pihak penyidik. Kata kunci : konsumen, pelaku usaha, dan Badan Peneyelsaian Sengketa Konsumen (BPSK)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous